Syarat dan Ketentuan

Apa yang menjadi batasan hak anda - mohon dibaca secara seksama


1. DEFENISI

Di dalam PERJANJIAN ini, kecuali jika konteksnya menunjukkan sebaliknya, akan dijelaskan sebagai berikut:
1.1 "BOOCAR", selanjutnya disebut “Kami” adalah sebagai PT. HARI JAYA TEKNOLOGI, adalah platform jasa rental mobil kepada pengguna layanan BOOCAR;
1.2 "PENYEWA", selanjutnya disebut "Anda" adalah sebagai pelanggan yang menyewa mobil melalui plaform BOOCAR, dengan minimal usia 18 tahun serta memiliki KTP/e-KTP dan SIM untuk sewa lepas kunci.
1.3 "SUPIR", selanjutnya disebut "Anda" atau yang disediakan oleh "Mitra" yang telah memenuhi persyaratan untuk mengemudi serta memiliki SIM.
1.4 "PEMILIK MOBIL", "PIHAK KETIGA", selanjutnya disebut "Mitra" adalah sebagai penyedia mobil yang menyewakan mobil nya kepada "Anda". Telah memiliki perjanjian dan persyaratan yang telah disepakati oleh "Kami"
1.5 "HARI", adalah lamanya penyewaan mobil dalam hitungan 24 jam di mulai dari waktu penjemputan.
1.6 "LAMA SEWA" adalah periode antara penjemputan dan pengembalian mobil.
1.7 "HARGA SEWA" adalah harga yang ditentukan oleh "Mitra"
1.8 "REWARD" adalah penghargaan yang diberikan kepada "Anda" berupa persentase dan berupa point. Setiap satu point akan bernilai Rp.1
1.9 "PERJANJIAN" adalah syarat & ketentuan antara "Anda" dan "Kami" yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab "Anda" dan "Kami", serta tata cara penggunaan sistem layanan "BOOCAR".
1.10 "REFUND" adalah pengembalian dana kepada "Anda" atas pembatalan yang "Anda" lakukan sebelum 3 hari dihitung dari tanggal penjemputan

2. RESIKO, PENJEMPUTAN AND PENGEMBALIAN

2.1 Kendaraan yang anda sewa adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan resiko anda dihitung mulai dari tanggal pemakaian atau penjemputan hingga tanggal pengembalian. "Anda" wajib mengembalikan kendaraan dengan kondisi yang serupa pada saat pemakaian.
2.2 "Anda" harus mengembalikan kendaraan, pada tanggal berakhir nya sewa, di tempat yang telah disepakati pada awal penjemputan oleh Anda dan Mitra. Anda telah menyetujui bahwa keterlambatan dalam pengembalian kendaraan tanpa adanya pemberitahuan ke kami maupun ke mitra dalam hal perjanjian ini, maka kami menyatakan sebagai pelanggaran atas perjanjian, dan kami berhak melaporkan kendaraan tersebut sebagai dicuri, kami berhak untuk mengambil kendaraan tersebut secara paksa kapan pun dan dimana pun.
2.3 Ketika anda atau orang utusan yang anda suruh untuk mengembalikan kendaraan, yang harus anda perhatikan adalah:
2.3.1 Menghubungi mitra untuk mengadakan serah terima kendaraan;
2.3.2 Memastikan seluruh barang bawaan anda tidak ada yang ketinggalan;
2.3.3 Memastikan bahan bakar dalam keadaan semula seperti pada saat penjemputan;
2.3.4 Menyerahkan kunci kendaraan serta dokumen pendukung lainnya.
2.4 Resiko kehilangan dan kerusakan adalah sepenuh nya menjadi tanggung jawab anda sebelum kami maupun mitra menyatakan bahwa kendaraan telah di kembalikan

3. JAMINAN DARI ANDA

Anda menjamin bahwa:
3.1 Seluruh informasi yang anda berikan kepada kami adalah benar dan sah
3.2 Anda atau pengemudi/supir memiliki SIM yang masih berlaku
3.3 Anda atau pengemudi/supir tidak mengendarai kendaraan dalam keadaan mabuk atau tidak sadar.
3.4 Pengemudi/supir anda tidak dalam keadaan terpaksa untuk mengendarakan kendaraan.
3.5 Tidak ada selain anda dan supir anda yang mengendarai kendaraan
3.6 Kendaraan tidak digunakan untuk mengangkut barang-barang yang dilarang di pemerintahan Indonesia.
3.7 Kendaraan tidak digunakan untuk hal-hal tindak kejahatan yang melanggar hukum di Indonesia.
3.8 Tidak membawa kendaraan keluar dari propinsi dimana anda menyewa mobil, kecuali telah disepakati oleh anda dan mitra.
3.9 Menjaga kendaraan agar tidak hilang maupun rusak

4. PEMBAYARAN

4.1 Kami bekerja sama dengan penyedia layanan perbankan / penyedia layanan pembayaran yang terpercaya dalam menyediakan berbagai metode pembayaran pada aplikasi Boocar yang dapat digunakan oleh anda.
4.1.1 Anda memiliki hak untuk memilih metode pembayaran yang disediakan oleh Kami, yang mana menurut anda lebih nyaman dan mudah untuk bertransaksi pada aplikasi Boocar, di mana setiap biaya transaksi pembayaran akan dibebankan kepada anda.
4.1.2 Anda berkewajiban untuk membayar secara penuh setiap transaksi yang anda lakukan dalam periode yang ditentukan oleh kami di setiap metode pembayaran sebelum kami dapat memproses transaksi selanjut nya. Jika anda belum melakukan pembayaran dalam periode waktu yang telah ditentukan, kami berhak untuk menyatakan bahwa transaksi tersebut telah dibatalkan oleh anda.
4.1.3 Anda boleh mengklarifikasi transaksi pembayaran yang telah dilakukan kepada penyedia layanan perbankan / penyedia layanan pembayaran yang bekerja sama dengan kami secara langsung sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
4.1.4 Jika ada kewajiban bagi kami untuk melakukan dana karena alasan lain nya, maka kami akan menghubungi anda melalui media yang tersedia (email atau telepon) untuk meminta konfirmasi dan data yang diperlukan, untuk keperluan proses pengembalian dana anda ke rekening yang anda tuju ataupun rekening yang telah anda daftarkan di aplikasi Boocar. Jika dalam 7 (tujuh) hari kalender ternyata anda tidak dapat dihubungi atau tidak menanggapi Kami, Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan dalam proses pengembalian dana sebagaimana dimaksud, dan oleh karena itu kami tidak dapat dimintai pertanggung jawaban untuk membayar denda, bunga pembayaran dan sanksi lain terkait dengan keterlambatan dalam proses pengembalian dana.
4.1.5 Anda dilarang menggunakan metode pembayaran kartu kredit selain untuk alat pembayaran transaksi pada aplikasi Boocar. Jika anda menggunakan metode pembayaran kartu kredit untuk transaksi penarikan tunai, kami berhak melakukan: Menahan proses pengembalian dana kepada anda, memotong dana pembayaran yang telah dibayarkan oleh anda selama proses pengembalian dana, me-nonaktifkan dan menutup akun anda.

4.2 Anda setuju untuk membayar kami:
4.2.1 Tarif sewa kendaraan, biaya keterlambatan dan biaya lainnya sebagaimana diatur dalam perjanjian dan / atau dalam hal harga resmi kami.
4.2.2 Biaya bahan bakar yang telah tersedia sebelumnya akan dihitung pada saat pengembalian kendaraan.
4.2.3 Denda, pajak, bea, retribusi, biaya hukum, dan tol, termasuk tol elektronik, yang timbul atas penggunaan kendaraan.
4.2.4 Semua biaya, termasuk tetapi tidak terbatas pada, biaya one way service, biaya penarik dan kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan.
4.3 Jika kami telah menyetujui pembayaran dari anda dengan kartu kredit atau kartu debit, tanda tangan anda akan menjadi wewenang bagi penerbit kartu untuk mendebit anda dengan jumlah total terhutang, termasuk semua biaya dan biaya dalam bentuk apa pun, yang timbul dalam perjanjian ini.
4.4 Anda akan membayar semua total yang harus dibayarkan oleh anda berdasarkan perjanjian ini kepada kami, berdasarkan permintaan. Jika pembayaran tidak dilakukan pada tanggal jatuh tempo, maka kami dapat, tanpa mengurangi hak-hak kami, membebankan bunga pada yang telah lewat jatuh tempo dengan tingkat maksimum yang diizinkan/ditetapkan oleh hukum yang berlaku.

5. PENGEMBALIAN DANA dan PEMBATALAN

5.1. Anda sepenuhnya memahami bahwa proses pengembalian dana tergantung pada metode pembayaran yang anda gunakan pada saat melakukan transaksi di aplikasi Boocar. Proses pengembalian dana akan memakan waktu paling lama 5 hari kerja dihitung dari tanggal pengajuan pengembalian dana oleh anda, dan dana akan dikembalikan menggunakan metode pembayaran yang anda gunakan di awal, jika penggunaan metode pembayaran awal tidak memungkinkan kami memiliki wewenang untuk menggunakan metode pembayaran lain nya untuk pengembalian dana anda.
5.2. Dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi Boocar, anda telah setuju dan menerima syarat dan ketentuan dari mitra yang berlaku, termasuk yang berkaitan dengan pembatalan dan atau ketidak hadiran, atau sehubungan dengan permintaan khusus anda yang mungkin diberikan kepada mitra. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran syarat dan ketentuan yang disepakati antara mitra dan anda, sehingga anda harap membaca syarat dan ketentuan pembatalan dengan cermat.
5.3. Pembatalan yang dilakukan 2 hari sebelum tanggal penjemputan dana akan dikembalian 100%, selain dari pada itu anda tidak berhak untuk mengajukan pengembalian dana.

6. PERPANJANGAN PERIODE SEWA MOBIL

6.1 Anda dapat melakukan perpanjangan masa sewa mobil kapan saja.
6.2 Perpanjangan masa sewa mobil hanya berlaku jika anda dan mitra kami telah sepakat untuk melakukan perpanjangan sewa mobil.
6.3 Pengajuan perpanjangan masa sewa mobil hanya dapat dilakukan 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo sewa mobil berakhir.
6.4 Anda akan dikenakan tarif masa perpanjangan sesuai dengan yang telah ditentukan oleh mitra kami.

7. PENGHENTIAN

7.1 Kami berhak untuk mengakhiri perjanjian ini jika anda dan / atau supir melakukan pelanggaran atas perjanjian ini. Kami kemudian akan berhak atas pengembalian kendaraan segera, dan selanjutnya jumlah total dari seluruh harga harus segera dibayarkan.
7.2 Hak dan kewajiban anda dan kami di bawah perjanjian ini akan terus berlaku penuh dan berlaku sampai mobil telah dikembalikan.

8. GANTI RUGI

8.1 Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan dan / atau cedera dan / atau kematian yang timbul dari setiap cacat dalam dan / atau kegagalan mekanis mobil, atau untuk setiap kehilangan atau kerusakan pada properti apa pun yang diangkut atau ditinggalkan di mobil, atau untuk segala kerusakan, cedera, kematian, konsekuensial kerugian, kehilangan keuntungan, atau kerusakan lainnya yang disewa atau yang diangkut di mobil.

9. KEHILANGAN DAN KERUSAKAN MOBIL

9.1 Jika mobil terlibat dalam kecelakaan atau tabrakan, atau hilang atau dicuri, atau terlibat dalam insiden apa pun, yang dapat merugikan hak-hak kami, anda dan atau supir akan mengambil semua langkah untuk melindungi kepentingan kami, termasuk, tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut jika dibutuhkan:
9.1.1 Mencari nama dan alamat semua orang yang terlibat dan kemungkinan saksi, serta detail kendaraan lain yang terlibat;
9.1.2. Melaporkan ke polisi dan kami sesegera mungkin dan dalam hal apa pun dalam waktu 24 jam setelah insiden;
9.1.3 Dalam waktu 48 jam setelah insiden tersebut, mengisi formulir yang telah kami berikan;
9.1.4 Dalam 48 jam setelah insiden, memberikan kepada kami salinan atau foto copy SIM supir;
9.1.5 Tidak meninggalkan mobil dan membuat ketentuan yang memadai demi keselamatan dan keamanannya; dan
9.1.7 Bekerja sama dengan kami baik dalam penyelidikan apa pun, penginapan atau pelembagaan klaim atau tindakan apa pun untuk melakukan pembelaan terhadap tuntutan apa pun, klaim atau tindakan apa pun yang berkaitan dengan hal di atas;

10. UMUM

10.1 Anda mengakui bahwa kepemilikan mobil akan selalu berada di tangan mitra, atau dengan kata lain adalah pemilik mobil yang sebenarnya.
10.2 Anda tidak akan berhak menyerahkan atau mengalihkan hak dan kewajiban anda di bawah perjanjian ini atau untuk menyewakan atau mengambil bagian-bagian dari mobil.
10.3 Biaya bahan bakar tidak termasuk dalam tarif sewa.
10.4 Anda tidak diizinkan melakukan perbaikan apa pun, termasuk mengganti ban apa pun pada mobil.
10.5 Setiap pengerusakan odometer mobil akan dianggap sebagai penipuan. Bila diperlukan dalam menentukan biaya sewa, jarak yang ditempuh oleh anda atau supir akan diukur dari odometer yang dipasang pada mobil. Jika perhitungan semacam itu tidak praktis, atau mungkin karena alasan apa pun, perhitungan tersebut akan dilakukan dengan metode wajar lainnya seperti yang dapat kami tentukan dan anda akan diwajibkan untuk memberikan semua informasi dan bantuan seperti yang mungkin diperlukan oleh kami untuk keperluan tersebut.
10.6 Jika anda adalah bukan supir, maka, tanpa mengurangi syarat dan ketentuan ini, anda dan supir akan bertanggung jawab penuh kepada kami.
10.7 Harap diperhatikan bahwa meskipun kami akan melakukan upaya terbaik kami, kami tidak dapat menjamin ketersediaan mobil pada waktu tertentu karena hal tersebut adalah di luar kendali kami. Dalam hal kami tidak dapat melakukan hal ini, kami akan berusaha membuat pengaturan alternatif sampai kami dapat ketersediaan mobil untuk anda.
10.8 Dokumen ini berisi seluruh perjanjian antara anda dan kami mengenai hal-hal yang terkandung di sini dan kami tidak akan terikat oleh perjanjian, pernyataan, jaminan, janji atau yang sejenisnya yang tidak dicatat di sini, kecuali yang telah ditentukan oleh hukum yang berlaku.
10.9 Anda atau supir memberi wewenang kepada kami untuk melakukan pemeriksaan kredit apa pun yang kami anggap perlu untuk menilai risiko.


Anda telah membaca dan memahami syarat dan ketentuan perjanjian ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, harap merujuk pada FAQs.